08 Juli, 2009

RPP TIK Kelas X SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
:
Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator
:
Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar

II.
Materi Ajar: fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat dalam system unit



IIII.
Metode Pengajaran: demonstrasi, simulasi, praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit):
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menjelaskan dan menunjukkan jenis-jenis port
- Mendemonstrasikan cara memasang port yang terdapat pada system unit
- Meminta siswa menyusun unit peralatan masukan ( keyboard, mouse ), CPU, dan keluaran ( monitor, speaker,printer )
- Mendemonstrasikan cara menghubungkan power supply ke sumber listrik
- Meminta siswa untuk menghubungkan power supply ke sumber listrik.

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan bertanya secara lisan apa yang telah di kerjakan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 KTSP – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 1 s.d 3, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (menjodohkan), Lisan, dan Praktik




Mengetahui:

Kepala SMA
Guru











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
2
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
:
Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator
:
Mendemonstrasikan menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku


Mendemonstrasikan mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menghidupkan dan mematikan komputer sesusai prosedur yang benar

II.
Materi Ajar: Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer



IIII.
Metode Pengajaran: demonstrasi, simulasi, praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer dengan benar
- Meminta siswa mengidentifikasi spesifikasi komputer pada tampilan booting, seperti prosesor yang digunakan, memori dan memori VGA.
- Menjelaskan dampak akibat mematikan komputer tidak sesuai prosedur yang benar
- Meminta siswa untuk menjelaskan bagian yang terdapat pada tampilan dari suatu sistem operasi
- Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai prosedur yang benar
- Meminta siswa untuk mematikan komputer sesuai prosedur yang benar

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan bertanya secara lisan dan tertulis apa yang telah di kerjakan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 3 s.d 5, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Uraian) dan Praktik




Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
3
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
Indikator
:
Mendeskripsikan sejarah perkembangan perangkat lunak


Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya


Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengenal dan menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

II.
Materi Ajar: Sejarah perkembangan perangkat lunak, Macam-macamperangkat lunak



IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan diskusi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Meminta siswa untuk mencari informasi tentang sejarah perkembangan perangkat lunak melalui perpustakaan, majalah ataupun internet.
- Membuat kelompok diskusi untuk mencari macam-macam kelompok perangkat lunak pengolah kata, internet, pengolah angka, dan grafis

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Meminta siswa untuk mengumpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 8 s.d 20, Majalah, Internet, Perpustakaan



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian), dan pengamatan kualitas




Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
4
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
Indikator
:
Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system


Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengenal dan menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

II.
Materi Ajar: Sejarah perkembangan perangkat lunak, Macam-macamperangkat lunak



IIII.
Metode Pengajaran: diskusi dan praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Meminta siswa untuk mengaktifkan aplikasi pengolah kata dan pengolah gambar yang dimiliki oleh sistem operasi.
- Meminta siswa untuk mempraktikkan menggunakan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan Sistem Operasi, misalnya Microsoft Paint

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Meminta siswa untuk menyimpan file dan mengumpulkannya

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 24 s.d 34, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian), dan praktik




Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
5
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Mendeskripsikan fungsi komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi


Menjelaskan proses kerja komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi


Mengidentifikasi elemen sistem komputer


Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi


Mengindentifikasi perbedaan data dan informasi


Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat memahami fungsi komputer sebagai peratalan teknologi informasi dan komunikasi

II.
Materi Ajar: Fungsi komputer dan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi


IIII.
Metode Pengajaran: ceramah


IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menjelaskaskan fungsi komputer dan peralatan TIK
- Meminta siswa untuk menyebutkan fungsi komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Guru menjelaskan proses kerja komputer
- Meminta siswa untuk menyebutkan elemen sistem komputer
- Meminta siswa untuk mencari informasi tentang elemen siklus pemrosesan informasi
- Meminta siswa untuk menjelaskan perbedaan data dan informasi
- Guru menjelaskan pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 35 s.d 44, Majalah, Internet


VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)


Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
6
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Menjelaskan sejarah perkembangan komputer (teknologi informasi dan komunikasi)


Menjelaskan penggolongan komputer


Menggambarkan diagram komputer secara umum


Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya


Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi dan komunikasi beserta fungsinya




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi dan komunikasi.

II.
Materi Ajar: - Teknologi Informasi dan Komunikasi

- Perangkat keras

IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan diskusi


IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Meminta siswa untuk mencari informasi sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui internet / perpustakaan
- Menugaskan siswa untuk membuat penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah, penggunaan, kapasitas dan generasinya
- Meminta siswa untuk menggambar diagram komputer
- Siswa menyebutkan macam-macam perangkat keras TIK
- Menjelaskan fungsi perangkat keras
- Meminta siswa untuk menyebutkan macam perangkat keras dan fungsinya

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga Halaman 44 s.d 74, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Uraian dan Gambar)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
7
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator
:
Mengidentifikasi jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel


Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel


Mengindentifikasi macam-macam modem yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi


Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi


Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengidentifikasi jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel

II.
Materi Ajar: Jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)


IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan eksplorasi


IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
- Meminta siswa untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan jaringan kabel dan nirkabel
- Meminta siswa mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel melalui internet
- Meminta siswa menyebutkan macam-macam modem yang digunakan
- Meminta siswa mencari informasi tentang cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Meminta siswa menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Meminta siswa mencari informasi tentang fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
- Meminta siswa menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 83 s.d 94, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet


VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)


Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
8
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator
:
Mendeskripsikan macam-macam jaringan area lokal (local area network)


Mendeskripsikan sinyal dan transmisi dalam jaringan telekomunikasi


Mendeskripsikan prinsip komunikasi data dalam jaringan




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan macam-macam jaringan area lokal (Local Area Network)

II.
Materi Ajar: Jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)



IIII.
Metode Pengajaran: ceramah



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menjelaskan jaringan Local Area Network
- Siswa menyebutkan jaringan berdasarkan topologi fisik, logik, fungsi
- Menjelaskan teknik pengiriman sinyal dalam jaringan
- Meminta siswa untuk menjelaskan teknik pengiriman sinyal dalam jaringan
- Guru menjelaskan metode transmisi dalam jaringan
- Meminta siswa untuk menjelaskan metode transmisi dalam jaringan
- Menjelaskan prinsip komunikasi data
- Siswa menyebutkan protokol jaringan komputer fisik telekomunikasi
- Siswa menyebutkan antarmuka jaringan
- Siswa menunjukkan kabel yang digunakan dalam jaringan


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 98 s.d 118, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
9
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator
:
Mengidentifikasi antarmuka dalam dalam jaringan komunikasi


Mengindentifikasi alamat Internet Protocol (IP Address)


Melakukan setting jaringan lokal




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat melakukan setting jaringan lokal (LAN)

II.
Materi Ajar: Jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)



IIII.
Metode Pengajaran: demonstrasi dan praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mendemonstrasikan pemasangan kabel jaringan dan setting jaringan
- Siswa melakukan pemasangan kabel jaringan
- Siswa Mencari informasi tentang IP Address
- Siswa melakukan setting jaringan komputer
- Siswa menentukan nomor IP pada komputer

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 119 s.d 127, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
10
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator
:
Melakukan sharing file dan folder










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat melakukan sharing file dan folder dalam jaringan lokal

II.
Materi Ajar: Jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)



IIII.
Metode Pengajaran: demonstrasi dan praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (25 Menit) :
- Guru mendemonstrasikan cara sharing file dan folder
- Siswa mempraktikkan cara sharing file dan folder


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 127 s.d 129, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan Kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
10
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengidentifikasi perangkat lunak dalam teknologi informasi dan komunikasi

II.
Materi Ajar: Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya



IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan eksplorasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (45 Menit) :
- Siswa mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi informasi yang ada di lingkungannya
- Meminta siswa menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi informasi


C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 132 s.d 133, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
11
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya


Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi


Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk komunikasi




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengidentifikasi menggunakan perangkat lunak untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi

II.
Materi Ajar: Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya



IIII.
Metode Pengajaran: ceramah, eksplorasi, dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Siswa mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi komunikasi yang ada di lingkungannya
- Meminta siswa menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi komunikasi
- Siswa mencari informasi tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
- Guru mendemonstrasikan cama menggunakan perangkat lunak untuk memperoleh informasi dengan NetMeeting
- Guru mendemonstrasikan cama menggunakan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan NetMeeting
- Siswa mempraktikkan perangkat lunak netmeeting untuk informasi dan komunikasi

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 133 s.d 146, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)


Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
12
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Mengidentifikasi Etika dan Moral dalam pennggunaan T I K


Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat memahami etika dan moral dalam penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi serta aturan-aturan hak cipta.

II.
Materi Ajar: Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan diskusi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan pengertian etika dan moral dalam penggunaan TIK
- Meminta siswa mencari informasi tentang aturan-aturan hak cipta melalui internet, media massa, dan media elektronik
- Meminta siswa menyebutkan bentuk-bentuk ciptaan yang dilindungi Hak Cipta
- Siswa mendiskusikan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral dalam pemanfaatan TIK


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 152 s.d 158, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
13
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta


Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta


Menjelaskan cara menghargai karya orang lain


Menjelaskan tata cara menguntip (mengcopy) yang tidak melanggar hak cipta




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menerapkan aturan-aturan tentang hak cipta

II.
Materi Ajar: Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan diskusi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan pelanggaran tentang hak cipta
- Meminta siswa memberikan pendapat terhadap dampak pelanggaran hak cipta melalui diskusi
- Siswa mendiskusikan etika dan moral yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
- Meminta siswa menyebutkan cara-cara menghargai kreativitas orang lain
- Meminta siswa menyebutkan tata cara menguntip / mengcopy yang dikategorikan tidak melanggar hak cipta

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi


V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 152 s.d 158, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
14
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunika










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta dan menjelaskan tata cara menghargai karya orang lain, menguntip dengan tidak melanggar hak cipta.

II.
Materi Ajar: Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah, diskusi dan praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru memberikan contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta
- Meminat siswa mencari dan memberikan contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta di media massa/media elektronik
- Siswa mendiskusikan contoh kasus tentang duplikasi aplikasi yang ilegal
- Meminta siswa menggunakan aplikasi yang legal

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi


V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 152 s.d 158, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
15
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikas
Indikator
:
Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)


Menjelaskan sumber pernyakit pada peralatan komputer


Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat memahami prinsip-prinsip K3

II.
Materi Ajar: Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam penggunan peralatan TIK




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah, diskusi, eksplorasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan tentang K3
- Meminta siswa mencari informasi tentang K3
- Siswa mendiskusikan sumber pernyakit pada peralatan komputer
- Siswa mendiskusikan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada penggunaan TIK

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 161 s.d 166, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Lisan,Tertulis (Uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
16
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikas
Indikator
:
Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan K3

II.
Materi Ajar: Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam penggunan peralatan TIK




IIII.
Metode Pengajaran: praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru mendemonstrasikan bekerja dengan komputer dengan memperhatikan K3
- Siswa menempatkan letak meja, kursi dan unit komputer sesuai dengan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
- Siswa bekerja menggunakan komputer sesuai prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 167 s.d 168, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
17
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Menjelaskan pengertian HaKI


Menjelaskan sejarah perkembangan HaKI


Mengidentfikasi jenis-jenis HaKI


Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan HaKI dan perkembangannya

II.
Materi Ajar: HaKI dan UU Hak Cipta




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan eksplorasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan pengertian dari konsep HaKI
- Meminta siswa mencari informasi sejarah perkembangan HaKI melalui internet
- Guru menjelaskan sejarah awal HaKI ada
- Guru menjelaskan perkembangan HaKI di Indonesia
- Meminta siswa menyebutkan jenis-jenis HaKI
- Meminta siswa mencari informasi tentang undang-undang hak cipta melalui internet / perpustakaan


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan eksplorasi (pencarian informasi)

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 171 s.d 174, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 1 (satu)
Pertemuan Ke
:
18
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
:
Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan undang undang mengenai Hak Atas Kekakayaan Intelektual

II.
Materi Ajar: HaKI dan UU Hak Cipta




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan diskusi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Siswa mendiskusikan UU Yang berkaitan dengan sangsi pelanggaran Hak Cipta.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 175 s.d 176, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Mengidentifikasi macam sistem operasi


Menjelaskan fungsi Sistem Operasi







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan macam dan fungsi sistem operasi

II.
Materi Ajar: Sistem Operasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah, explorasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menjelaskan sistem operasi dilihat dari tiga sudut pandang
- Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sistem operasi
- Meminta siswa menyebutkan contoh-contoh sistem operasi
- Meminta siswa mencari informasi tentang sistem operasi melalui internet / intranet, majalah
- Mendiskusikan fungsi-fungsi sistem operasi
- Menjelaskan fungsi sistem operasi
- Meminta siswa menyebutkan fungsi dari sistem operasi


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan eksplorasi (pencarian informasi)

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 183 s.d 187, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
2
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Menjelaskan fungsi BIOS


Membedakan Sistem Operasi dan BIOS


Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi


Menjelaskan fungsi sistem operasi terhadap aplikasi yang terpasang

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan macam dan fungsi sistem operasi

II.
Materi Ajar: Sistem Operasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menjelaskan cara kerja dan fungsi bios
- Meminta siswa menyimpulkan perbedaan tentang BIOS dan Sistem Operasi melalui diskusi
- Mendemonstrasikan penggunaan dan pengaturan BIOS
- Siswa mempraktikkan operasi dasar BIOS dan sistem operasi
- Mendiskusikan fungsi sistem operasi terhadap aplikasi yang terpasang


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 187 s.d 190, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
3
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Menggunakan sistem operasi


Menjalankan beberapa program aplikasi


Mengelola program aplikasi yang digunakan




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menggunakan sistem operasi dan beberapa program aplikasi

II.
Materi Ajar: Sistem Operasi




IIII.
Metode Pengajaran: ceramah, simulasi dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (40 Menit) :
- Siswa menggunakan salah satu sistem operasi
- Siswa menunjukkan komponen dalam sistem operasi GUI
- Mendemonstrasikan pengaktifan beberapa program aplikasi
- Siswa mempraktikkan pengaktifan beberapa program aplikasi
- Mendemonstrasikan penanganan hang pada CPU akibat program aplikasi yang digunakan
- Meminta siswa untuk menangani hang pada CPU

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 190 s.d 198, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
3
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Menjelaskan pengertian peripheral










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan pengertian periferal

II.
Materi Ajar: Setting periferal




IIII.
Metode Pengajaran: eksplorasi dan diskusi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (30 Menit) :
- Siswa mencari informasi tentang jenis dan fungsi masing-masing peripheral melalui intranet / internet
- Siswa mendiskusikan jenis dan fungsi masing-masing peripheral


C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 225 s.d 237, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis ( uraian )



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
4
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Mendemonstrasikan penginstallan driver peripheral pada sistem operasi


Mendemonstrasikan setting peripheral (misal: printer, scanner, flash disk, dsb.)







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat melakukan setting periferal

II.
Materi Ajar: Setting periferal




IIII.
Metode Pengajaran: Diskusi, simulasi dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Siswa mendiskusikan fungsi driver
- Guru Mendemonstrasikan cara melakukan install driver dan setting printer
- Melakukan install driver VGA, Sound Card dari CD Mainboard / CD Driver
- Mempraktikkan setting printer


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 225 s.d 237, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis ( uraian )



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
5
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
Indikator
:
Mendemonstrasikan setting peripheral (misal: printer, scanner, flash disk, dsb.)










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat melakukan setting periferal

II.
Materi Ajar: Setting periferal




IIII.
Metode Pengajaran: Simulasi dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (40 Menit) :
- Mempraktikkan setting monitor
- Mempraktikkan setting regional


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 235 s.d 238, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
5
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan manajemen file
Indikator
:
Menjelaskan manfaat manajemen file


Menjelaskan istilah dalam penggunaan mouse


Mengidentifikasi menu dalam sistem operasi




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan manfaat manajemen file

II.
Materi Ajar: Manajemen File




IIII.
Metode Pengajaran: Ceramah dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (30 Menit) :
- Siswa mendiskusikan manfaat manajemen file
- Meminta siswa menyebutkan istilah dalam penggunaan mouse
- Menjelaskan macam menu dan ikon dalam sistem operasi

C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 200 s.d 201, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
6
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan manajemen file
Indikator
:
Mengetahui perintah-perintah dalam melakukan manajemen file


Membuat folder


Menggunakan drag and drop


Mengklasifikasikan ekstensi file


Mendemonstrasikan pencarian file

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat melakukan manajemen file

II.
Materi Ajar: Manajemen File




IIII.
Metode Pengajaran: Ceramah dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Guru menjelaskan perintah-perintah yang sering dilakukan dalam manajemen file
- Mendemonstrasikan cara membuat folder
- Meminta siswa untuk membuat folder
- Menjelaskan tentang ekstensi file yang ada
- Siswa mengidentifikasi jenis-jenis ekstensi file
- Meminta siswa menyebutkan syarat-syarat penamaan file
- Guru mendemonstrasikan cara mencari file di komputer
- Siswa mempraktikkan pencarian file

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 201 s.d 207, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (uraian) dan Praktik (pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
7
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar
:
Melakukan manajemen file
Indikator
:
Mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen file










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengenal tipe file

II.
Materi Ajar: Manajemen File




IIII.
Metode Pengajaran: Ceramah dan demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (40 Menit) :
- Guru dan siswa mendemonstrasikan cara mengganti nama file
- Guru mendemonstrasikan cara memformat disket
- Guru mendemonstrasikan penyalinan dan pemindahan file

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 208 s.d 221, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (uraian) dan Praktik (pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
7
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Menjelaskan perkembangan perangkat lunak pengolah kata


Mengidentifikasi fungsi perangkat lunak pengolah kata


Mengidentifikasi letak aplikasi perangkat lunak pengolah kata




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan perkembangan perangkat lunak pengolah kata

II.
Materi Ajar: Menu dan Ikon aplikasi perangkat lunak pengolah kata




IIII.
Metode Pengajaran: Ceramah



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (30 Menit) :
- Meminta siswa mencari informasi tentang perkembangan perangkat lunak pengolah kata
- Menjelaskan fungsi perangkat lunak pengolah kata
- Menunjukkan letak file eksekusi pengolah kata

C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 245 s.d 248, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Tertulis (uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
8
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Mengaktifkan perangkat lunak pengolah kata


Mengidentifikasi lembar kerja perangkat lunak pengolah kata


Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata


Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menjelaskan fungsi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata

II.
Materi Ajar: Menu dan Ikon aplikasi perangkat lunak pengolah kata




IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi dan Ceramah



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mendemostrasikan pengaktifan pengolah kata dengan berbagai cara
- Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 245 s.d 254, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik dan Tertulis (uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
9
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata


Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi

II.
Materi Ajar: Menu dan Ikon aplikasi perangkat lunak pengolah kata




IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (30 Menit) :
- Menunjukkan menu dan ikon
- Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
- Meminta siswa untuk menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 254 s.d 259, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik dan Tertulis (uraian)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
9
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat membuat dokumen baru

II.
Materi Ajar: Fungsi menu dan ikon pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (40 Menit) :
- Membuat dokumen baru
- Menyimpan dokumen baru dengan nama file baru
- Menutup dokumen
- Membuka dokumen pengolah kata

C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 263 s.d 265, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
10
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Memodifikasi pengaturan halaman


Menyeleksi(blok) teks pada halaman


Menyalin dan memindahkan teks




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat memodifikasi pengaturan halaman

II.
Materi Ajar: Fungsi menu dan ikon pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mengatur ukuran halaman
- Mengatur batas kanan, kiri, atas, dan bawah halaman
- Mengatur border halaman
- Menyeleksi teks menggunakan mouse
- Menyeleksi teks menggunakan keyboard
- Menyeleksi teks menggunakan menu
- Mendemonstrasikan penyalinan dan pemindahan teks


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 256 s.d 271, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
11
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Mengatur indentasi, spasi, dan paragraf


Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks


Memodifikasi tampilan halaman




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengatur identasi, spasi dan paragraf

II.
Materi Ajar: Fungsi menu dan ikon pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mendemonstrasikan pengaturan indentasi dan paragraf dengan menu
- Mendemonstrasikan pengaturan spasi
- Mendemonstrasikan pengaturan indentasi dan paragraf dengan mistar
- Mengatur format teks
- Menggunakan berbagai jenis huruf
- Menggunakan bulleting dan numbering
- Menggunakan border dan shading

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 272 s.d 286, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
12
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Memodifikasi tampilan halaman


Mengatur tabulasi halaman


Mendemonstrasikan pembuatan mail merge




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengatur identasi, spasi dan paragraf

II.
Materi Ajar: Fungsi menu dan ikon pengolah kata, Mail Merge



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menggunakan page border
- Menggunakan tabulasi pada halaman
- Membuat dokumen induk (master)
- Membuat dokumen sumber data (data source)
- Memasukkan data ke dalam database mail merge
- Memasukkan data mail merge ke dalam dokumen induk
- Menampilkan dokumen yang telah disisipkan data
- Mencetak dokumen yang telah disisipkan data
- Mengedit data dalam database mail merge


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 286 s.d 296, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:
Bumiayu, Januari 2009
Kepala SMA BU NU Bumiayu
Guru





Neneng Nuryanah, S.Pd
Novan Ardy Wiyani, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
13
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
Mendemonstrasikan pembuatan mail merge










I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat membuat mail merge

II.
Materi Ajar: Mail Merge



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (30 Menit) :
- Memasukkan data mail merge ke dalam dokumen induk
- Menampilkan dokumen yang telah disisipkan data
- Mencetak dokumen yang telah disisipkan data
- Mengedit data dalam database mail merge


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 286 s.d 296, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
13
Alokasi Waktu
:
1 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Indikator
:
Membuat tabel


Memasukkan teks dalam sel tabel


Mengatur lebar kolom dan baris tabel




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat membuat tabel

II.
Materi Ajar: Membuat tabel pada aplikasi pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (40 Menit) :
- Membuat tabel dengan menggunakan menu
- Membuat tabel dengan mengggunakan ikon
- Mendemonstrasian pengisian teks pada tabel
- Mendemonstrasikan pengaturan lebar kolom dan baris

C. Kegiatan akhir :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 300 s.d 303, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
14
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Indikator
:
menambah dan menghapus baris, kolom atau tabel


Menambah dan menghapus sel pada tabel


menggabungkan dan memisahkan sel baris dan sel kolom


Mengurutkan data dalam tabel


Memodifikasi bentuk tabel

I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat memodifikasi tabel

II.
Materi Ajar: Membuat tabel pada aplikasi pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Menambahkan baris atau kolom pada tabel
- Menghapus baris atau kolom pada tabel
- Menambahkan sel
- Menghapus sel
- Mendemostrasikan penggabungan sel
- Mendemonstrasikan pemisahan sel
- Mendemonstrasikan pengurutan data
- Mengubah bentuk tabel

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 304 s.d 212, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
15
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Indikator
:
Menggunakan operasi perhitungan pada tabel


Membuat header dan footer


Mencetak dokumen


Menyisipkan gambar dan objek




I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menggunakan operasi perhitungan tabel dan menyisipkan gambar/objek

II.
Materi Ajar: Membuat tabel pada aplikasi pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mempraktikan perhitungan pada tabel
- Mempraktikan pembuatan header dan footer
- Mempraktikan cetak dokumen
- Mempraktikkan penyisipan gambar dan teks indah


C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 319 s.d 329 , – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
16
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Indikator
:
Mengoperasikan ikon drawing


Menggunakan karakter khusus dan karakter matematika













I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menggunakan ikon drawing, membuat model koran

II.
Materi Ajar: Membuat tabel pada aplikasi pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Membuat bentuk (shape) tertentu
- Menggabungkan beberapa bentuk (shape) menjadi sebuah gambar
- Menyisipkan shapes dan meletakan dengan benar sesuai contoh.
- Mempraktikkan penyisipan karakter khusus dan karakter matematika

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Penguatan dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas.
- Meminta siswa untuk mengakhiri kegiatan praktik dan menyimpan file pada media penyimpaan yang ditentukan

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 330 s.d 334, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X (sepuluh) / 2 (dua)
Pertemuan Ke
:
17
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (1 x 45 menit)
Standar Kompetensi
:
Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Indikator
:
Membuat model kolom koran


Membuat grafik


Memodifikasi grafik


Menggunakan template untuk membuat karya







I.
Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat membuat grafik dan membuat karya dengan memanfaatkan template

II.
Materi Ajar: Membuat tabel pada aplikasi pengolah kata



IIII.
Metode Pengajaran: Demonstrasi



IV.
Langkah Pembelajaran:

A. Kegiatan Awal (10 Menit) :
- Doa
- Absensi
- Motivasi

B. Kegiatan Inti (70 Menit) :
- Mempratikkan pembuatan dokumen dengan gaya kolom koran
- Membuat grafik dengan data pendukungnya
- Mengubah bentuk grafik
- Membuat brosur dan poster

C. Kegiatan akhir (10 Menit) :
- Menugaskan siswa untuk membuat brosur atau poster dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

V.
Sumber Belajar: Buku teks TIK Kelas X/Jilid 1 Halaman 342 s.d 360, – Rudi Hidayat Penerbit Erlangga, Majalah, Internet



VI.
Penilaian: Praktik (Pengamatan kualitas)



Mengetahui:

Kepala SMA
Guru



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





















Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas : X ( Sepuluh )
Guru : Novan Ardy Wiyani, S.Pd.I








SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU
BREBES
2008/2009

Tidak ada komentar: